Menu

Bagaimana Cara Hadapi Anak Gagal Sekolah dihari Pertama?

10 April 2019 - info

Mungkin saja sebagian anak telah sukses lewati hari pertama sekolah tanpa adanya air mata, rajukan, dan juga siap hadapi hari esok dengan semangat yang penuh. Akan tetapi, sebagian anak yang lain, ternyata lewati hari ini dengan air mata yang bercucuran, ketakutan, dan juga kesedian yang amat  luar biasa, begitu pun dengan orangtuanya.

Bunda, harus Anda tahu ya, bahwasannya di usia sekolah tingkat awal, hal yang demikian ini terjadi sangat wajar saja, umumnya anak akan habiskan waktunya di rumah atau pun kebanyakan bersama dengan orangtuanya. Akan tetapi ketika dia mulai memasuki jenjang sekolah, rasa nyaman dan juga aman tersebut seakan-akan ditarik darinya. Dan yang demikian ini mengakibatkan munculnya rasa takut dan khawatir berlebih, merasa ditinggalkan orangtuanya saat di sekolah.

Dan sebagai orangtua, pastinya ada rasa tak tega melihat anak menangis, meraung-raung saat melihat Anda telah meninggalkan pintu gerbang sekolahnya. Lantas, apa yang seharusnya Anda lakukan? Menurut situs babycenter.com, yang seharusnya dilalukan oleh para orangtua ini adalah dengan tetap pada pendiriannya, yakni meninggalkan sih kecil. Anak-anak butuh waktu untuk bisa membiasakan dirinya selama 2 minggu sampai akhirnya mereka bisa memahami dan mengerti bahwasannya sejak hari itu sekolah merupakan salah satu hal yang seharusnya mereka lakukan sendiri tanpa orangtua.

Lalu, bagaimana cara latih anak agar siap ditingal sendiri di sekolah?

Mengucapkan selamat tinggal dengan kesan ceria

Buat acara perpisahan ini jadi hal wajar. Oleh sebab itulah, jangan pernah pasang wajah sedih atau murung. Sebaliknya Anda bisa tersenyum cerita pada saat mengucapkan selamat tinggal pada sih kecil, selain itu Anda juga bisa mengatakan yang seperti ini “bunda tinggal sebentar ya dik, nanti bunda akan secepatnya kemmbali” ini nantinya akan membantu dalam mengkondisikan suasana hati anak Anda.

Fokus pada kegiatan yang menyenangkan

Daripada anak membahas mengenai perpisahan, perbanyaknya mengobrol dengan anak Anda mengenai beberapa hal yang menyenangkan yang bisa dilakukan saat Anda tak lagi bersamanya. Anda di sini dapat mengalihkan perhatiannya dengan cara memintanya untuk menggambar atau pun  menyusun beberapa balok mainannya setelah pulang sekolah. Dengan cara tersebut, maka sih kecil pastinya akan lebih memahami bahwasannya tak ada masalah untuk bersenang-senang tanpa kehadiran Anda.

Beri rasa nyaman walau tanpa Anda

Selain hal tersebut, Anda juga bisa memberi anak rasa nyaman dan aman seperti dengan menggunakan gelang sebagai penanda seolah-olah Anda akan selalu bersamanya, atau pun dengan ritual membuat belak sekolah sendiri dengan bentuk karakter lucu supaya sih kecil pun selalu merasakan kehadiran Anda di sisinya.

Demikian cara hadapi anak gagal dihari pertama sekolah yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat. Sumber : https://duniapendidikan.co.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *